Tuesday 20 October 2015

Membuat Soto Ayam Ala Rumahan


Tinggal sendiri dan jauh dari orang tua terkadang membuat kita rindu akan masakan rumah buatan Ibu, mungkin dengan mengetahui cara membuatsoto ayam ala rumahan dapat mengobati rasa rindu Anda. Tapi Anda takut kerepotan untuk memasaknya? Tenang, tidak usah panik dulu, sebenarnya membuat soto ayam sama mudahnya dengan memasak sop ayam, hanya isi kuahnya dan jenis bumbunya saja yang berbeda.

Bahan-bahan soto yang harus disiapkan antara lain adalah 1 ekor ayam potong utuh, jangan lupa untuk dibersihkan terlebih dahulu. Ada baiknya isi ayam juga dikeluarkan, seperti usus, ati, ampela dan lainnya. Khas soto Jawa adalah menggunakan kol yang di iris-iris tipis dan tauge rebus. Bahan lain yang harus disiapkan adalah kentang, kukus terlebih dahulu sampai bisa di iris tipis kemudian goreng kentang tersebut. Sisihkan di piring lain, karena tidak di rebus berbarengan dengan soto.

Anda juga bisa menambahkan sayur tomat, di iris tipis. Tak lupa bahan yang harus ada adalah mie soun, rendam dengan air panas sebentar sampai soun melunak. Agar lebih bergizi tambahkan juga telur rebus.

Sedangkan untuk bumbunya, siapkan 3 lembar duan jeruk purut, 2 batang serai yang ditumbuk memar, 2 lembar daun salam, 1 iris batang daun bawang, 25 gram lengkuas dan dua sendok makan minyak goreng. Bumbu yang dihaluskan terdiri dari kunyit, kemiri, jahe, bawang merah, bawang putih, merica dan garam bubuk.

Panaskan air dan rebus semua bahan di atas tadi, jika sudah matang Anda dapat memotong-motong daging ayam dari tulangnya. Cara membuat soto ayam tidaklah serumit itu bukan?



No comments:

Post a Comment