Thursday 26 November 2015

Faktor Penyebab dan Gejala Tipes yang Umum Terjadi


Penyakit tipes adalah suatu penyakit yang menyerang salah satu organ pencernaan yaitu usus. Penyakit ini dapat menyerang segala usia baik itu anak-anak sampai orang dewasa. Biasanya orang yang terkena penyakit ini membutuhkan proses penyembuhan yang sedikit lama, apalagi jika tidak langsung ditangani saat gejala awal penyakit ini muncul. Gejala tipes yang hampir sama dengan gejala penyakit lain membuat orang-orang yang mengalaminya tidak langsung memberi tindakan yang tepat dan cepat pada penderitanya.

Sebelum mencari tahu apa saja gejala tipes yang umum terjadi sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan penyakit tipes ini menyerang manusia. Faktor penyebab penyakit tipes adalah sebuah bakteri dari lingkungan kotor yang menempel pada tangan, lalu tangan memegang makanan dan hasilnya bakteri tersebut masuk kedalam tubuh manusia melalui makanan yang ia makan tadi. Maka mencuci tangan sebelum makan sangat penting adanya, lagi pula saat ini telah banyak produk yang menyediakan sabun pncuci tangan yang ampuh. Sala satunya adalah Lifebouy anti bakteri yang dapat menjadi salah satu cara menghindari tipes.

Seelah mengetahui penyebab dan cara menghindarinya sekarang waktunya mengetahui apa saja gejala tipes yang umumnya terjadi pada penderitanya. Gejala yang terjadi diantaranya adalah demam, sakit kepala, diare dan nyeri pada perut, serta bercak putih pada lidah.

Demam dan sakit kepala ini merupakan gejala yang biasa terjadi saat orang masuk angin. Maka kebanyakan orang mengabaikannya begitu saja. Tapi yang membedakan pada penyakit tipes adalah demam hanya terjadi pada waktu malam hari yang disertai sakit kepala yang menyiksa, sedang pada pagi hari dan siang demam akan turun ataupun hilang. Namun hal ini akan berulang lagi pada malam harinya, dan begitu terus sampai beberapa hari jika tidak segera ditangani.

Selain itu biasanya disertai pula dengan diare dan nyeri pada perut. Karena usus yang diserang maka proses yang terjadi pada usus akan terganggu yang dapat menyebabkan diare. Hal ini akan membuat penderita jadi banyak kehilangan cairan dan kehilangan berat badan. Selanjutnya orang yang terkena tipes dapat dilihat dari lidahnya. Akan terdapat bercak atau pun lidah berubah warna menjadi putih yang membuat lidah terasa pahit dan tidak nafsu makan.


No comments:

Post a Comment